Pages

Wednesday, 6 February 2013

Makalah Aqidah Akhlak tentang Akhlak, Etika, Moral dan Budi Pekerti

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT serta rahmat dan karunianya akan terselesaikannya Makalah tentang pelajaran Aqidah Ahklak dapat kami selesaikan dengan baik.

Makalah ini telah kami rangkai dengan semaksimal mungkin, dan kami berharap kepada teman-teman agar dapat mempelajari isi dari makalah ini dengan baik.
Akhirnya, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu sehingga saran dan kritik yang membangun akan kami terima dengan hati terbuka agar dapat meningkatkan kualitas makalah ini.


Penulis




















DAFTAR ISI


Kata Pengantar        i
Daftar Isi        ii

Bab 1 PENDAHULUAN        1
A.    Tujuan        1
B.    Permasalahan        1
C.    Batasan Masalah   

Bab 2 PEMBAHASAN        2
A.    Pengertian Akhlak, Etika, Moral dan Budi Pekerti        2
B.    Persamaan Akhlak, Etika, Moral dan Budi Pekerti        3
C.    Perbedaan Akhlak, Etika, Moral dan Budi Pekerti        4

Bab 3 PENUTUP        6
A.    Kritik        6
B.    Saran        6

Daftar Pustaka        7
















BAB I
PENDAHULUAN

A.    Tujuan
Tujuan kami menyusun makalah ini adalah :
-    Menambah wawasan dan pengetahuan
-    Menjadikan makalah ini sebagai motifasi dalam belajar dan supaya lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.

B.    Permasalahan
Permasalahan yang kita bahas adalah :
-    Pengertian akhlak, etika, moral dan budi pekerti
-    Persamaan akhlak, etika, moral dan budi pekerti
-    Perbedaan akhlak, etika, moral dan budi pekerti

C.    Batasan Masalah
Materi-materi yang kami ambil ini bersumber dari beberapa buku danyang telah kami ringkas dengan sebaik mungkin.


















BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian dari Akhlak, Etika, Moral dan Budi Pekerti
1.    Pengertian Akhlak
Akhlak berasal dari bahasa Arab “Akhlak” yang merupakan bentuk jamak dari “Khuluq”. Secara bahasa “akhlak” berarti budi pekerti, tabi’at, watak. Dalam kebahasaan akhlak sering disinonimkan dengan moral dan etika.
Secara istilah, akhlak didefinisikan oleh beberapa ahli sebagai berikut :
a.    Prof. Sr. Ahmad Amin mendefinisikan akhlak sebagai kehendak yang biasa dilakukan. Artinya, segala sesuatu kehendak yang terbiasa dilakukan disebut akhlak.
b.    Sementara itu Ibnu Maskawih mengemukakan bahwa akhlak adalah perilaku jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan tanpa melalui pertimbangan (sebelumnya).
c.    Sedangkan Al-Ghazali memberikan definisi, akhlak adalah segala sifat yang tertanam dalam hati, yang menimbulkan kegiatan-kegiatan dengan ringan dan mudah tanpamemerlukan pemikiran sebagai pertimbangan.

Dari definisi-definisi tersebut ada kesamaan dalam hal ini :
a.    Akhlak berpangkal pada hati, jiwa atau kehendak, kemudian
b.    Diwujudkan dalam perbuatan sebagai kebiasaan (bukan perbuatan yang dibuat-buat, tetapi sewajarnya).

2.    Pengertian Etika
Etika (etimologik), berasal dari kata Yunani “Ethos” yang berarti watak kesusilaan atau adat. Istilah lain yang identik dengan etika adalah :
a.    Susila (Sansekerta) yang lebih menujuk kepada dasar-sadar, prinsip, aturan hidup, (atau sila) yang lebih baik (su).
b.    Akhlak (Arab) moral berarti akhlak. Etika berarti ilmu akhlak.

Etika dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari segala soal kebaikan (dan keburukan) di dalam hidup manusia semuanya, teristimewa yang mengenal gerak-gerik fikiran dan rasa yang dapat merupakan pertimbangan dan perasaan, sampai mengenal tujuannya yang dapat merupakan perbuatan.
3.    Pengertian Moral
Secara bahasa moral berasal dari kata Latin “Mos” yang dalam bentuk jamaknya “Mores” yang berarti juga adat atau cara hidup. Moral dan etika sama artinya, tetapi dalam pemakaian sehari-hari ada sedikit perbedaan. Moral dan atau moralitas dipakai untuk perbuatan yang sedang dinilai, sedangkan etika dipakai untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang ada.
Contoh :
-    Perbuatan itu bermoral
-    Sesuai dengan norma Etika

4.    Pengertian Budi Pekerti
Kata budi mempunyai makna sebagai berikut :
a.    Alat batin yang merupakan paduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk,
b.    Tabiat, akhlak, watak, orang yang baik
c.    Perbuatan baik, kebaikan
d.    Daya uapaya, ikhtiar
e.    Akal

Sedangkan kata pekerti bermakna tingkah laku, perangai, akhlak dan watak, berbudiberarti mempunyai budi, bijaksana, berakal, berkelakuan baik, murahhati dan baik hati.

B.    Persamaan dari Akhlak, Etika, Moral, dan Budi Pekerti

Untuk lebih mudah dalam memahami persamaan antara akhlak, moral, etika dan budi pekerti terlebih dahulu kita lihat definisi darimasing-masing tersebut. Akhlak, menurut Ibnu Maskawih adalah perilaku jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan tanpa melalui pertimbangan (sebelumnya). Akhlak merupakan salah satu aspek ajaran Islam disamping aqidah, ibadah, dan muamalah. Akhlak menyangkut sikap dan tingkah laku seseorang muslim terhadap Tuhannya, sesama manusia dan alam.
Moral dapat diartikan dengan baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban dan sebagainya. Bermoral berarti mempunyai pertimbangan baik buruk, berakhlak baik.
Etika berasal dari bahasa Yunani “Ethos” yang berarti watak kesusilaan atau adat. Etika juga bisa dimaknai denga : (1) Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak), (2) Kumpulan asas / nilai yang berkenaan dengan akhlak, (3) Nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan / msayarakat.
Budi pekerti, berarti tingkah laku,perangai, akhlak, watak. Budi perkerti : (1) mempunyai Budi; (2) Bijaksana, berakal (3) Berkelakuan baik (4) Murah Hati, baik hati.
Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa persamaan antara akhlak, moral, etika, dan budi pekerti adalah sebagaiberikut :
a.    Objek pembahasannya adalah tingkah laku, perbuatan, maupun perilaku.
b.    Perilaku yang dibahas adalah perilaku seseorang yang baik maupun yang buruk.

C.    Perbedaan dari Ahklak, Etika, Moral dan Budi Pekerti

1.    Pengertian Akhlak
“Ahklak berasal dari bahasa Arab, “Akhlak”yang merupakan bentuk jamak dari “Khuluq” secara bahasa “Akhlak” mempunyai arti budi pekerti, tabiat, watak. Sedangkan menurut istilah, akhlak didefinisikan oleh beberapa ahli sebagaiberikut :
a.    Imam Al-Ghazali dalambukunya ‘Ihya Ulumuddin” menyatakan sebagai berikut : “Akhlak ialah “ sifat-sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan segalaperbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pikiran dan pertimbangan”.
b.    Dr. Ahmad Amin dalam bukunya “Al-Akhlak” menyatakan bahwa akhlak ialah ilmu untuk menetapkan ukuran segala perbuatan manusia yang baik atau yang buru, yang benar atau yang salah, atau yang hak atau yang bathil.
2.    Pengertian Etika
Etika berasal dari kata Yunani “ethos” yang berarti watak kesusilaan atau adat. Etika juga bermakna ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak), kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golonganataumasyarakat.

3.    Pengertian Moral
Moral berasal dari kata latin ‘Mos” yang dalam bentuk jamaknya “Mores” yang berarti juga adat atau cara hidup. Moral juga diartikan dengan baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban.

4.    Pengertian Budi Pekerti
Budi pekerti merupakan rangkaian dari dua kata yaitu budi dan pekerti. Budi bermakna alat batin yang merupakan paduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk. Sedangkan pekerti adalah tingkah laku, perangai, akhlak, watak. Berbudi berarti mempunyai budi, bijaksana, berakal, berkelakuan baik, murah hati dan baik hati.

























BAB III
PENUTUP


A.    Kritik
Pada zaman modern ini Akhlak, Moral, etika, dan Budi Pekerti telah di abaikan oleh para penerus bangsa. Apakah itu yang di namakan penerus bangsa. Oleh karena itu perbaikilah Akhlak, Moral, Etika, dan Budi Pekerti sebelum terlambat.

B.    Saran
Untuk teman-teman pembaca, pesan dari kami adalah dapat menerapakan Akhlah, Moral, Etika dan Budi Pekerti yang baik di dalam masyarakat.























DAFTAR PUSTAKA


Budiarto, Sri. 2007. Akidah Akhlak : Surakarta



No comments:

Post a Comment